Kamus Online Jerman-Indonesia dan Indonesia-Jerman

February 20, 2013 Posted by fakhry

Sobat IT, adakah diantara sobat yang tertarik mempelajari bahasa Jerman seperti penulis? Jika sobat tertarik, mungkin tulisan penulis kali ini bisa sedikit membantu sobat yang ingin mempelajari Bahasa Jerman. Menurut penulis pribadi (yang saat ini sedang berkuliah di Program Studi Sastra Jerman Universitas Indonesia), Bahasa Jerman merupakan bahasa yang cukup menarik untuk dipelajari karena struktur tata bahasanya yang cukup unik. Selain itu, pengucapan dan cara penulisan dalam Bahasa Jerman tidak sesulit Bahasa Inggris. Namun, dalam Bahasa Jerman ada beberapa karakter khusus yang agak berbeda dengan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Karakter khusus tersebut adalah ä, ö, ü, dan ß.

 

Dalam tulisan kali ini, penulis bukan ingin memaparkan tentang seluk-beluk Bahasa Jerman, apalagi membuat tutorial Bahasa Jerman. Tetapi penulis ingin membahas tentang kamus online Bahasa Jerman-Indonesia dan Indonesia-Jerman. Dalam mempelajari sebuah bahasa, tentu saja kita tidak bisa terlepas dari sebuah benda yang bernama kamus. Kamus sangat membantu kita dalam menambah perbendaharaan kata dan mencari arti kata-kata yang sulit. Biasanya, kamus berbentuk buku yang cukup tebal dan kurang praktis untuk dibawa kemana-mana. Walaupun saat ini banyak bertebaran kamus saku, namun tentu saja kamus saku ini kurang lengkap dan kurang nyaman dipakai untuk belajar.

 

Dalam era teknologi seperti saat ini, kita tidak perlu lagi membawa kamus yang tebal untuk mempelajari sebuah bahasa. Untuk mempelajari Bahasa Jerman, kita bisa memanfaatkan sebuah website yang berisi kamus bahasa Jerman-Indonesia dan Indonesia-Jerman. Di dalam website tersebut kita dapat mencari arti kata-kata baik dari Bahasa Jerman ke Indonesia maupun sebaliknya. Website ini akan otomatis mendeteksi apakah kata yang kita ketik adalah Bahasa Jerman atau Indonesia. Jadi kita tidak perlu repot-repot mengganti mode pencarian. Perbendaharaan kata dalam website ini juga cukup banyak, mulai dari kata benda, kata kerja, kata sifat, dan sebagainya.

 

Lalu bagaimana jika kata yang kita cari mengandung karakter khusus (ä, ö, ü, dan ß)? Ya, keyboard standard yang biasa kita pakai sehari-hari memang tidak mendukung karakter-karakter tersebut (kecuali jika kita mengubah pengaturan keyboard pada Windows). Solusinya, kita bisa mengganti karakter-karakter tersebut dengan kombinasi huruf; ae untuk ä, oe untuk ö, ue untuk ü, dan ss untuk ß.

 

Nah, sobat penasaran dan tertarik mencoba kamus online ini? Jika sobat tertarik, sobat bisa langsung meluncur ke http://mobil.jot.de.

2,462 total views, 2 views today

About fakhry

Fakhry Muhammad Rosa, pemuda tunanetra kelahiran Pontianak, 31 Mei 1994. Saat ini sedang menempuh pendidikan S1 jurusan Sastra Jerman di Universitas Indonesia. Mulai mempelajari dan menyukai teknologi sejak SD kelas 4. Sobat bisa menghubunginya di Facebook: Fakhry Muhammad Rosa, Twitter: @fakhryary, dan Skype: fakhryary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Switch to our mobile site

Copyright © 2012 - 2014 IT Center For The Blind